Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ioannablogs.Com Sejarah Kemajuan Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama/Lama hingga Sekarang/Terbaru_Komputer ialah alat elektonik yang sanggup digunakan untuk mendapatkan input dan digital dan mengolahnya sesuai dengan acara yang sudah tersimpan di dalam memorinya. Computer menjadi suatu alat yang diperlukan di nyaris seluruh acara insan sehari-hari.
Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama ioannablogs.com Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Pada mulanya computer didapatkan oleh Charles Babbage yang ialah Ilmuwan yang mempunyai pengaruh yang cukup mempunyai efek dalam perkembangan computer. Computer mulanya cuma digunakan selaku alat hitung, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada computer menjadi perangkat mutakhir yang memilikibanyak fungsi didalamnya. Untuk mengenali lebih jelas, berikut ini perkembangan sejarah computer dari generasi pertama hingga di saat ini.

1. Computer generasi pertama
Computer generasi pertama mempunyai ukuran sebesar 30 meter dengan tinggi 2,4 meter dengan berat 30 ton. Computer ini mempunyai tabung hampa udara yang yang dibikin dari beling yang digunakan untuk menguatkan sinyal. Computer ini memerlukan daya listrik sebesar 174 kilo watt. Kekurangan dari computer generasi pertama yakni mudah pecah dan sungguh cepat untuk menyalurkan panas.

Computer generasi pertama ini mulanya dikembangkan untuk konsep pesawat dan peluru kendali. Imuwan yang mendapatkan konsep ini pertama kali yakni Konrad Zuse seorang ilmuwan asal Jerman pada tahun 1940. Setelah itu penemuan ini dikembangkan lagi oleh John Von Neuman.

Karakteristik yang dimiliki oleh computer generasi pertama antara lain adalah:
  • Mengeluarkan lumayan banyak panas
  • Program komputernya dibentuk dalam diskusikan mesin dan tersimpan didalam memori computer.
  • Menggunakan tabung hampa udara selaku unsur elektronikanya.
  • Kapasitas penyimpanan data sungguh kecil
  • Prosesnya sungguh lambat
  • Mempunyai ukuran dan bentuk yang sungguh besar sehingga memerlukan ruangan khusus
  • Menggunakan system luar magnetic disk dan magnetic tape.
Contoh dari computer generasi pertama:
a. ENIAC (Eletronical Numerical Integrator dan Computer)
Computer ini dikembangkan pada tahun 1946 oleh John W. Maunchly dan J. Presper Eckert yang ialah generasi pertama computer elektronik.

b. UNIVAC (Universal Automatic Computer)
Computer ini sudah menggunakan pita magnetic selaku media input dan output. Computer ini ialah computer pertama yang digunakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk mengkalkulasikan sensuk penduduk di tempat tersebut.

c. IBM 701 dan IBM 650
Merupakan computer komersial dengan ukuran besar dan menggunakan magnetic drum selaku media penyimpanan eksternal.

2. Computer generasi kedua
Computer generasi kedua lahir pada tahun 1960. Penemuan ini yakni transistor yang ialah alat yang sanggup memaksimalkan kerja kompouter walaupun berskala sungguh kecil. Fungsi transistor disini mengambil alih fungsi tabung ruang hampa pada computer generasi pertama.

Penemuan yang lain dalam perkembangan computer ini yakni memori inti magnetic yang menolong computer menjadi lebih singkat dalam proses nya serta lebih meminimalisir energy dibandingkan generasi sebelumnya.

Karakteristik dari computer generasi kedua adalah:
  • Dibuat dalam bahasa tingkat tinggi menyerupai COBOL, FORTRAN, ALGOL dan lainnya.
  • Kapasitas penyimpanan memori utama sudah lebih besar dari sebelumnya
  • Ukuran computer jauh lebih kecil
  • Dikhususkan pada bidang bisnis dan teknik
  • Menggunakan transistor
  • Tidak memerlukan daya listrik yang besar.
3. Computer generasi ketiga
Computer generasi keempat menjadi computer dengan perkembangan yang jauh lebih pesat kalau ketimbang perkembangan computer yang lain yang ada. Penemuan computer ini mulai meningkat di tahun1965 hingga 1971

Para ilmuwan mendapatkan alternative lain selain penggunaan transistor yakni menggunakan kerikil kuarsa (quartz rock) dan kemudian bermetamorfosis IC (Intergrated Circuit). Kelebihan computer ini dibandingkan sebelumnya yakni sanggup memuat unsur yang lebih banyak dan lebih singkat dalam system operasi bahkan bisa menjalankan beberapa acara walaupun secara bersamaan.

Penemuan ini dikembangkan oleh Jack Kilby seorang ilmuwan asal Texas Instrument. Dengan adanya perkembangan ini, ukuran computer menjadi lebih kecil dan tidak terlampau cepat panas.

Contoh dari computer generasi ketiga yakni :
- IBM S/360, yang digunakan untuk bidang bisnis dan teknik
- GE 600 dan GE 235, dikeluarkan oleh General Electric
- NCR Century, dikeluarkan oleh National Cash Register

4. Computer generasi keempat
Pada computer generasi ini sudah menggunakan chip IC dan kemudian dikembangkan lagi. Pad atahun 1971, chip Intel 4004 sudah menenteng pertumbuhan yang cukup pesat dalam bidang perkembangan kompter. Intel sudah sukses memadukan semua unsur didalam suatu computer menyerupai CPU (central processing unit), memory, dan input/ output ke dalam suatu chip tunggal yang mempunyai ukuran sungguh kecil.

Jika pada masa generasi sebelumnya IC cuma digunakan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, tetapi di saat masa mikroprosessor, computer sudah bisa memproduksi dan memogram seluruh pekerjaan yang anda inginkan.

Karakteristik dari computer generasi keempat ini adalah:
  • Sudah dikembangkan nya computer mikro yang menggunakan mivro processor dan semikonduktor yang berupa menyerupai chip yang digunaka selaku memori computer. 
  • Sudah menggunakan Large Scale Intergration. 
Contoh dari computer generasi keempat antara lain adalah:
- Apple II, dikembangkan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak
- IBM PC,dikembangkan mulai dari IBM PC/XT, IBMPC/At, IBM PC/386 dan yang lain yang menggunakan microprocessor 8088, 80286 dan hingga menjadi Intel Pentium. Perusahaan yang memproduksinya selain perusahaan biro diam-diam yakni perusahaan AMD (Advanced Micro Devices)

5. Computer generasi kelima
Computer yang di sekarang ini sering kita gunakan ialah computer dari generasi kelima. Computer ini sudah menggunakan LSI yang ialah pemadatan dari ribuan microprocessor ke dalam suatu microprosesor. Selain itu juga ditandai pula dengan berkembangnya microprocessor dan semi konduktor.

Dalam massa generasi kelima, computer sudah dikembangkan sehingga diperlukan sanggup menutupi kelemahan-kelemahan computer sebelumnya. Selain itu, computer ini sudah dibekali dengan kesanggupan dan kecepatan yang bertambah menjadi 2 GHx. Gambar gambar yang dihasilkan pun sudah sungguh tajam dan halis dan sanggup mendapatkan maupun mengirim gambar dengan cepat.

Beberapa perkembangan dari computer generasi kelima adalah:
  • Di Jepang, sudah diresmikan ICOt (Institue dor New Computer Technology) yang digunakan untuk menyebarkan computer generasi kelima
  • Telah dikembangkannya system  computer yang mempunyai unsur artificial yang sanggup menjalankan pekerjaan menyerupai layaknya manusia. 
Tokoh Perkembangan Komputer
Beberapa tokoh yang berjasa dalam perkembangan computer antara lain adalah:
1. Charles Babbage
Penemuannya yang paling berjasa dalam bidang computer yakni input device, tempat penyimpanan data yang hendak diproses, alat pemrosesan data, pengontrol pengolahan, dan output device.

2. Ada Augusta Byron
Penemuannya yang paling berjasa yakni menolong untuk menyebarkan arahan yang menjalankan Analytical Engine

3. Herman Hollerith
Membuat tabulating machine yang digunakan untuk mengkalkulasikan sensus penduduk Amerika Serikat

4. Thomas Watson
Beliau yakni pendiri International Bussines Machine ynag menenteng IBM mendominasi pasar mesin pembuatan data yang kemudian bermetamorfosis computer.

5. Gordon Moore dan Bob Noyse
Memperkenalkan Microprocessor pertama pada tahun 2004

6. Steve Job dan Steve Wozniak
Meluncurkan apple I yang menjadi computer pertama dengan keyboard dan layar pada tahun 1976.

7. Bill Gates
Pendiri Microsoft yang ialah perusaahan pengembang system operasi terkemuka yakni Microsoft Windows.

Demikian tentang sejarah generasi komputer dari masa pertama hingga di saat ini. Semoga bermanfaat.