Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ioannablogs.Com Pilih Berbelanja Laptop Atau Notebook-Netbook, Mana Yang Lebih Bagus?

Pilih Membeli Laptop atau Notebook/Netbook, Mana yang Lebih Bagus?_Saat ini sudah banyak sekali varian komputer jinjing yang dijual di pasaran. Komputer jinjing ini ada yang disebut dengan laptop dan ada pula yang disebut dengan notebook. Kata laptop biasa dipakai untuk menyebut perangkat yang ukuran layarnya antara 14 inchi sampai 15 inchi.

Sementara kata notebook, biasa dipakai di saat menyebut perangkat yang ukuran layarnya antara 10 inchi sampai 12 inchi. Kedua komputer jinjing yang berlainan ukuran ini terperinci memiliki keistimewaan dan kehabisan masing-masing.

Antara Pilih Beli Laptop dengan Notebook, Mana yang Lebih Bagus?, silakan simak penjelsan di bawah ini agar Anda tidak galau dan tidak salah pilih.
Saat ini sudah banyak sekali varian komputer jinjing yang dijual di pasaran ioannablogs.com Pilih Membeli Laptop atau Notebook-Netbook, Mana yang Lebih Bagus?
Sebenarnya untuk pertanyaan ini tergantung pada selera masing-masing. Karena ada kan orang yang tidak mau repot menjinjing laptop dan lebih senang dengan notebook yang ukurannya lebih ringkas dan lebih kecil. Ada juga orang yang lebih senang dengan sesuatu yang besar sehingga lebih menegaskan laptop daripada notebook.

Tetapi umumnya orang-orang juga lebih mengutamakan keperluan daripada selera. Dan untuk yang satu ini, mari coba simak beberapa perbedaan antara laptop dengan notebook sehingga Anda bisa menegaskan manakah yang lebih cantik dan lebih sesuai untuk keperluan Anda, antara lain:

1. Harga
Soal harga, terperinci laptop harganya lebih mahal alasannya yakni fitur di dalamnya lebih banyak, dan harga ini juga sekaligus menjadi kehabisan dari laptop. Sementara untuk notebook, harganya lebih murah, alasannya yakni selain ukurannya lebih kecil, komponennya juga lebih sedikit. Jadi, kalau Anda memiliki kekurangan pada budget, semestinya pilih notebook saja yang harganya lebih murah.

2. Prosesor
Prosesor yang lebih cantik terperinci ada di dalam laptop. Sementara pada notebook, prosesor yang dipasang umumnya yakni prosesor yang low-end, alasannya yakni ini sekaligus berencana untuk mengurangi ongkos produksi. Tetapi, inilah kehabisan notebook, sehingga bila Anda memerlukan perangkat yang prosesornya bagus, semestinya pilih laptop saja.

3. Ukuran Keyboard
Karena ukuran laptop lebih besar, jadinya ukuran keyboardnya juga lebih besar. Ini condong lebih memudahkan pengguna di saat mengetik. Sementara pada notebook, ukuran keyboard-nya lebih kecil.

Nah, kalau Anda lebih tenteram melakukan pekerjaan dengan keyboard yang lebih besar, maka Anda mesti berbelanja laptop. Tetapi jikalau Anda tidak duduk kendala melakukan pekerjaan dengan keyboard kecil, pasti tidak duduk kendala jikalau Anda lebih menegaskan notebook.

4. Ukuran Layar
Sama seumpama keyboard, ukuran layar laptop lebih luas daripada notebook. Dengan ukuran layar yang lebih luas seumpama ini, terperinci Anda bisa menyaksikan dan membaca dengan lebih mudah. Berbeda halnya dengan notebook, mungkin Anda mesti sedikit mendekatkan indra penglihat di saat hendak menyaksikan atau membaca.

Mengenai mana yang lebih bagus, kembali lagi pada ketentraman Anda. Anda lebih tenteram melakukan pekerjaan dengan layar yang besar ataukah yang kecil. Jika Anda lebih tenteram dengan layar besar, semestinya beli laptop saja. Tetapi jikalau layar yang kecil sudah cukup, notebook dapat menjadi jawabannya.

5. Berat
Karena menjinjing unsur yang lebih banyak dan ukurannya juga lebih besar, sudah niscaya laptop lebih berat dari notebook. Otomatis notebook lebih tenteram dibawa kemana-mana. Tetapi kembali lagi, menurut pada beberapa persyaratan di atas, silahkan Anda pilih yang Anda suka dan yang cocok dengan keperluan Anda.

6. Disk Drive
Hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan Disk Drive yang menjadikannya bisa membaca data atau memasukkan data ke dalam CD atau DVD. Berbanding terbalik, notebook justru sebaliknya. Biasanya perangkat ini tidak diserta Disk Drive alasannya yakni ukurannya saja sudah kecil, dan seolah tidak ada daerah untuk menempatkan fitur ini.

7. Baterai
Karena laptop bisa melaksanakan aplikasi-aplikasi yang terhitung berat, otomatis laptop memerlukan daya yang cukup banyak. Makanya laptop ini biasa dilengkapi oleh baterai yang dapat dipakai sampai 6 jam lamanya. Selain itu, baterai laptop umumnya bisa dibongkar dan dipasang agar tidak gampang rusak di saat dipakai di saat dicharge.

Sedangkan notebook umumnya dibekali dengan baterai yang ketahanannya cuma sekitar 3 jam atau 4 jam saja. Tentunya ini menyesuaikan dengan kinerja sekaligus harga yang lebih murah biaya ya.

8. Sistem Operasi
Untuk tata cara operasi, laptop umumnya bisa memakai tata cara operasi yang jenis apapun. Selain itu, laptop juga bisa menjinjing tata cara operasi Windows modern yang condong memerlukan spesifikasi tinggi. Sementara notebook tidak demikian.

Tidak semua tata cara operasi yang ada cocok untuk notebook, sehingga yang lebih dianjurkan untuk diinstall yakni tata cara operasi yang dipasang pada di saat permulaan pembelian dahulu.

9. Kemampuan dalam Menjalankan Program dan Aplikasi
Mengenai kesanggupan dalam melaksanakan agenda dan aplikasi, terperinci laptop lebih unggul. Laptop bahkan bisa melaksanakan agenda serta aplikasi yang berat asalkan spesifikasinya juga sesuai. Ini terperinci menjadi opsi yang cantik bagi mahasiswa ataupun orang-orang yang memiliki kepentingan dengan banyak sekali aplikasi berat.

Sementara untuk notebook, tidak semua agenda atau aplikasi bisa dilakukan dengannya. Biasanya notebook ini cuma bisa melaksanakan aplikasi yang 32 bit. Memang sih Anda bisa memaksanya untuk melaksanakan yang 64 bit, namun ini bisa menghasilkan kinerja laptop jadi lambat.

Jadi, Laptop atau Notebook yang Lebih Bagus untuk Dibeli?
Setelah mengenali banyak sekali perbedaan laptop dengan notebook di atas, apa Anda sudah menegaskan hendak berbelanja yang mana? Kalau masih bingung, Anda bisa menegaskan menurut pada beberaoa pertimbangan yang diuraikan di bawah ini:

1. Biaya
Jika Anda memang memiliki duit yang cukup, semestinya Anda berbelanja laptop, alasannya yakni laptop lebih menampilkan keuntungan. Tetapi, kalau finansial Anda belum memungkinkan untuk berbelanja laptop, beli notebook saja.

Tetapi, pilih notebook yang merk-nya memiliki harga jual kembali tinggi ya, agar di saat nanti Anda ingin mengubahnya dengan laptop, Anda tidak perlu memperbesar banyak dana. Tetapi, perlu dimengerti juga bahwa harga jual kembali notebook ini dipengaruhi oleh kondisinya. Karenanya, semasa di tangan Anda, Anda mesti selalu merawatnya agar kondisinya tetap prima.

2. Penggunaan
Kalau memang Anda berbelanja laptop untuk dipakai melaksanakan banyak sekali aplikasi yang sifatnya berat, semestinya beli laptop saja. Tetapi bila Anda memaksudkan perangkat ini cuma untuk mengetik, browsing, memeriksa email atau banyak sekali pekerjaan yang sifatnya ringan lainnya, beli notebook saja tidak masalah, sekalian bisa meminimalisir uang.

Apalagi kalau Anda mesti sering-sering membawanya, pasti notebook yakni opsi yang cantik alasannya yakni ukurannya lebih kecil dan lebih ringan, jadi Anda tidak terlampau terbebani.

3. Ukuran ataukah Performa?
Kalau Anda memang mengutamakan ukuran, dan Anda lebih senang dengan ukuran yang kecil, notebook dapat menjadi opsi yang bagus. Hanya saja seumpama yang sudah diungkapkan sebelumnya, notebook ini cuma bisa Anda pakai untuk melaksanakan kegiatan yang ringan-ringan saja.

Tetapi kalau Anda lebih mengutamakan performa, tidak ada duduk kendala dengan ukuran layar yang besar dan biasa menggunakannya untuk banyak sekali aktifitas berat, lebih baik pilih laptop saja, yang walaupun harganya lebih mahal, performanya terperinci lebih tangguh.

Demikian ulasan tentang pilih laptop dan notebook-netbook, mudah-mudahan dapat menjadi materi pertimbangan Anda dalam menegaskan antara menegaskan dan berbelanja laptop maupun notebook.