Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ioannablogs.Com Pemahaman Ilmu Komputer Dan Cabang-Cabangnya Menurut Para Ahli

Pengertian dan Cabang-Cabang Ilmu Komputer Menurut para Ahli_Dalam setiap bidang ilmu apapun pastinya memiliki beberapa cabang dan turunan. Masing-masing turunan ilmu tersebut pastinya memiliki tujuan yang berlainan walaupun konsep dasar ilmu yang digunakan yakni sama. Tidak terkecuali dengan ilmu komputer atau komputer Science. Ilmu komputer secara lazim sanggup didefinisikan selaku ilmu yang mempelajari ihwal komputasi, perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
Dalam setiap bidang ilmu apapun pastinya memiliki beberapa cabang dan turunan ioannablogs.com Pengertian Ilmu Komputer dan Cabang-Cabangnya Menurut para Ahli

Ilmu komputer meliputi semua yang berhubungan dengan komputer, mulai dari analisa abnormal hingga topik  yang lebih kasatmata menyerupai bahasa pemograman, perangkat lunak dan keras pada komputer dan masih banyak lainnya. Ilmu komputer terang berlainan dengan teknik komputer. Dalam ilmu komputer, Anda akan lebih ditekankan pada pemograman komputer dan software-software didalamnya. Sedangkan teknik komputer akan lebih menekankan pada perangkat keras komputer (hardware).

Untuk lebih jelasnya perihal ilmu komputer dan cabang-cabangnya berikut penjelasannya dibawah ini

A. Pengertian ilmu komputer menurut beberapa ahli

Berikut beberapa definisi ilmu komputer menurut beberapa para ahli:

1. Edsger Dijkstra
Menurut Edsger, Ilmu komputer bukan ialah hal ihwal komputer sebagaimana astronomi bukan lah hal ihwal teleskop.

2. Richard Feynman
Ilmu komputer usianya tidak akan setua fisika, tetapi lebih muda beberapa ratus tahun. Meskipun begitu, hal ini tidak mempunyai arti “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih minim daripada fisikawan. Memang jauh lebih muda, tetapi dibesarkan jauh lebih intensif.

3. Denning
Menurut Denning, Ilmu komputer ialah studi sistematik yang berhubungan ihwal proses algoritmik yang menerangkan transformasi isu baik hal tersebut berupa teori, analisa, desain, efisiensi, dan aplikasi-aplikasi yang ada.

Ilmu komputer ialah suatu hal yang mempelajari apa yang sanggup dan tidak sanggup ditangani oleh beberapa agenda (komputabilitas dan intelegensia buatan), ihwal bagaimana suatu agenda mesti menganalisa suatu hasil (algoritma), bagaimana suatu agenda mesti menyimpan dan mengambil bit dari suatu infromasi (struktur data) dan masih banyak lainnya.

B. Cabang Cabang Ilmu Komputer 

1. Matematika Komputasi
Cabang ilmu matematika komputasi ialah ilmu matematika yang menggunakan komputasi utamanya kompter untuk mengakhiri duduk kendala yang ada. Seiring dengan kemajuan teknologi, ilmu matematika kian meningkat dan peranan komputasi sanggup menolong mengakhiri permasalahan dalam bidang matematika itu sendiri.

Ilmu komputasi ialah bidang ilmu yang memiliki konsentrasi khusu pada penyusunan versi matematika dan teknik solusi yang numerik. Selain itu, penggunaan komputer juga dimanfaatkan untuk menganalisis serta memnbantu memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sains.

Komputasi juga sanggup didefinsikan selaku cara untuk memecahkan permasalahan lewat data input dengan menggunakan algoritma. Komputasi yakni sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Ilmu komputasi memadukan dua ilmu berlainan didalamnya yakni komputer dan matematika.

2. Data Warehouse
Data warehouse memiliki beberapa definisi yang berlainan menurut rekomendasi beberapa ahli, diantaranya:
  • Menurut WH. Inmon dan Richard, data warehouse ialah koleksi data yang memiliki sifat berorientasi pada subjek, terintegrasi, time-wariant, dan yang memiliki sifat tetap dari koleksi data. 
  • Menurut Vidette Poe, data warehouse ialah database yang memiliki sifat analisis dan read only. Sehingga digunakan untuk pondasi dari metode pendukung keputusan.
  • Menurut Paul Lane, data warehouse ialah database yang relasional dan kemudian didesain lebih query dan analisa dari proses transaksi. Database ini umumnya memiliki history data dari proses transaksi ataupun juga dari sumber data lainnya. Data warehouse akan memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi sehingga memungkinkan organisasi memadukan data dari banyak sekali macam sumber.
Sehingga sanggup ditarik kesimpulan bahwa, data warehouse yakni database yang saling bereaksi satu sama yang lain yang digunakan untuk query dan analisis. Memiliki sifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan tidak berubah kalau digunakan untuk pengambilan keputusan.

3. Keamanan internet
Cabang ilmu komputer ini digunakan untuk melindungi sumber-sumber dan isu data langsung didalam internet. Ketika komputer terhubung ke dalam jaringan dan saling mulai berkomunikasi, maka pastinya terdapat beberapa resiko yang mesti diperhatikan.

Keamanan internet meliputi dukungan terhadap akun dan file internet di dalam komputer dari serangan atau gangguan asing. Contoh sederhanya yakni menyarankan  memilih password yang baik, merubah file permission dan masih banyak lainnya.

4. Mobile Computing
Cabang ilmu ini mengacu pada rancangan paradigma yang digunakan untuk melakukan aktivitas atau perjalanan bisnis  yang berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Beberapa pola mobile computing antara lain yakni Notebook, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, dan lain lainnya.

Dengan menggunakan mobile computing, Anda sanggup melakukan pekerjaan dan aktivitas Anda dimanapun Anda berada dengan menggunakan perangkat kendaraan beroda empat dan wireless computing.

Seluruh perangkat mobile memerlukan koneksi dengan jaringan telekomunikasi yang diadaptasi dengan tujuan, kapabilitas dan ketersediaan koneksi setiap saat. Terdapat 4 jenis jaringan telekomunikasi yang sanggup Anda gunakan, yaitu:
  • Personal Area Network (PAN) , untuk lingkup yang sungguh kecil
  • Wireless Local Area Network (WLAN)
  • Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)
  • Wireless Wide Area Network (WWAN)
5. Algoritma
Cabang ilmu ini digunakan untuk memecahkan masalah. Definisi lazim logaritma sendiri yakni urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu masalah. Jadi, Algoritam dikehendaki untuk memamerkan perintah terhadap komputer untuk mengambil tindakan tertentu untuk memecahkan suatu kendala yang ada. Algoritma tidak cukup untuk cuma benar saja, tetapi juga mesti akurat dan efisien.

Beberapa karakteristik ilmu algoritma adalah:
  • Algoritma tidak cuma benar tetapi juga mesti akurat dan efisien. Algoritma numerik akan mengakumulasikan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dari pembulatan yang kurang akurat. 
  • Algoritma akan memerlukan interaksi yang mau mengakibatkan penggunaan memori dan penyimpanan dalam komputer yang besar.
  • Digunakannya pengerjaan kode agenda dan teknik yang digunakan untuk menghasilkan kode menjadi lebih efisien. Yang perlu Anda ingat adala algoritma yang efisien didalam satu kendala akan menjadi tidak efisien dalam kendala lain sehingga memerlukan algoritma yang lebih efisien lagi. 
6. Interaksi manusia-komputer
Interaksi antara insan dan komputer ialah suatu rancangan agenda komputer yang digunakan untuk menmabntu manusia. Yang dimaksud disini yakni untuk mempelajari interaksi yang terjadi baik antara insan dengan komputer atau insan dengan insan lewat suatu dialog. Menggunakan bahasa yang dimengerti oleh insan itu sendiri. beberapa komponen interaksi antara insan dan komputer antara lain:
  • USER, ialah pengguna secara individu
  • Komputer, teknologi yang digunakan untuk menertibkan proses atau metode yang ada.
7. Pemograman Komputer
Pemograman komputer ialah kumpulan kumpulan isyarat yang sering disebut dengan source code. Biasanya source code dibentuk oleh seorang programmer dalam suatu bahasa pemograman. Di dalam pemograman komputer terdapat compiler atau kamus yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin mudah-mudahan komputer sanggup melakukan pekerjaan sesuai dengan agenda yang diperintahkan.

Demikian ulasan yang sanggup kami sampaikan perihal pemahaman ilmu komputer dan beberapa cabang-cabang dari ilmu tersebut. Semoga isu di atas sanggup bermanfaat.