Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ioannablogs.Com Perbedaan Kartu Kredit Dan Kartu Debit Yang Mesti Diketahui

ioannablogs.com  Kartu kredit dan kartu debit di  zaman kini terbiasa digunakan  sebagai  alat transaksi. Dengan desain kartunya yang simple, metode pembayaran dengan kartu ini sungguh praktis, efisien dan mengurangi waktu. Namun, masih banyak pengguna kartu pembayaran yang masih resah dengan perbedaan kartu kredit dan kartu debit.

 metode pembayaran dengan kartu ini sungguh simpel ioannablogs.com Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit yang Harus Diketahui

ioannablogs.com Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit, kita mesti mengenali pengertiannya apalagi dahulu. Kartu kredit yaitu pembayaran tidak tunai yang dijalankan dengan metode kredit atau cicilan. Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit yaitu metode pembayaran tidak tunai yang pembayarannya diambil dari saldo kartu pengguna. Berikut perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang mesti dikenali :

ioannablogs.com 1. Sistem yang Digunakan

ioannablogs.com Dari pemahaman yang ada, sudah sanggup dikenali bahwa metode yang dipakai dalam kedua jenis kartu ini berbeda. Seperti namanya, kartu kredit menggunakan metode kredit atau hutang. Setiap tenggat waktu tertentu, pengguna akan diberikan detail tagihan yang mesti dibayarkan dan sanggup dibayarkan secara eksklusif maupun dicicil dengan bunga tertentu.

ioannablogs.com Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit biasa dipakai selaku kartu tabungan. Hal itu dikarenakan di saat pengguna menyimpan duit selaku saldo dalam ATM, saldo akan mengalami penambahan dari bunga yang diberikan bank. Namun, apabila pengguna akan melakukan transaksi dengan mesin ATM yang tidak sama dengan perusahaan kartu yang dimiliki akan ditarik duit dari rekening pengguna.

ioannablogs.com 2. Limit Kartu

ioannablogs.com Perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang kedua sanggup dilihat dari limit yang dimiliki. Untuk kartu kredit, limit yang dimiliki bergantung menurut jenis kartu yang dipakai dan kebijakan bank yang diberikan terhadap pengguna. Biasanya limit kartu kredit berkisar antara Rp. 3.000.000 sampai puluhan juta.

ioannablogs.com Untuk kartu debit, alasannya yaitu fungsinya yang selaku tabungan, kartu debit tak mempunyai limit saldo maupun limit penggunaan tertentu. Selama pengguna mempunyai saldo dalam rekening, pengguna tetap sanggup melakukan transaksi menggunakan kartu.

ioannablogs.com 3. Promo Penggunaan Kartu

ioannablogs.com Promo yang diberikan pada kartu kredit berlawanan dengan promo yang diberikan dalam kartu debit. Biasanya, promo yang diberikan dalam kartu kredit lebih banyak. Salah satu pola promo yang sanggup ditemukan dalam kartu kredit yaitu penukaran poin yang mau ditemukan setelah transaksi. Selain itu, ada pula cashback yang juga sanggup ditemukan setelah transaksi dan banyak sekali promo lainnya.

ioannablogs.com Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit memang mempunyai promo bagi pengguna. Namun promo yang diberikan tidak sebanyak promo untuk kartu kredit. Salah satu penawaran khusus yang diberikan yaitu promo potongan harga membeli yang diberikan sesuai kebijakan bank dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

ioannablogs.com 4. Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuat

ioannablogs.com Sebelum menghasilkan kartu kredit, kandidat pengguna mesti berkonsultasi apalagi dulu terhadap teller bank yang terpercaya. Hal yang mesti diperhitungkan yaitu besarnya bunga yang mau dikenakan apabila akan menggunakan cicilan dalam kartu kredit. Karena apabila hal tersebut tidak diperhitungkan secara matang, keadaan keuangan kandidat pengguna akan merosot. 

ioannablogs.com Selain itu batas kredit yang mau ditemukan juga mesti diamati biar pengguna tidak terkejut apabila mengalami batas limit pemakaian. Untuk pengerjaan kartu debit, proses atau prosedurnya lebih gampang dan singkat. Calon pengguna cukup mengerti metode yang dipakai dalam kartu debit dan mesti merencanakan nominal duit tertentu selaku setoran saldo awal.

ioannablogs.com Besaran bunga yang didapat di saat menabung dalam kartu debit juga mesti diamati dengan baik. Hal ini dijalankan biar pengguna sanggup menimbang-nimbang dan mengawasi simpanan dalam rekening.

ioannablogs.com Itulah beberapa perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang mesti dikenali kandidat pengguna kartu elektronik. Sebelum menyeleksi dan menghasilkan kartu kredit yang mau digunakan, ada baiknya kandidat pengguna untuk berkonsultasi lebih terhadap pihak bank. Dengan mengenali dan mengerti perbedaan antara kedua kartu tersebut, kandidat pengguna sanggup lebih yakin diri untuk menggunakan kartu elektronik.