Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ioannablogs.Com 5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Yang Mudah Dan Gratis

ioannablogs.com  Tenggelam dalam lautan buku yang digemari memang menyenangkan. Namun, untuk berbelanja sendiri kadang tidak cukup memiliki waktu dan uang. Demikian juga opsi untuk mendatangi perpustakaan, terkendala banyak hal. Mulai dari argumentasi klasik kadung malas keluar rumah, tidak cukup waktu dan bervariasi kesusahan lain. Kabar baiknya, kini banyak aplikasi perpustakaan berbasis web yang menawarkan banyak buku secara gratis dan dapat diakses siapa saja.

Tenggelam dalam lautan buku yang digemari memang menggembirakan ioannablogs.com 5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web yang Praktis dan Gratis

ioannablogs.com Kerennya lagi, dari aplikasi tersebut juga meluncurkan model mobile, sehingga tampilannya lebih mobile friendly tanpa mesti membuka lewat personal computer atau tablet. Penggunaannya pun sungguh mudah, kondusif dan tidak memerlukan verifikasi mendetail.

ioannablogs.com Sehingga keselamatan data pribadi tersadar dan tidak memunculkan was-was. Nah, bagi yang belum menjajal cara asyik pinjam buku online, dapat menyimak ulasan di bawah ini.

ioannablogs.com 1. Ipusnas – Perpustakaan Digital Nasional

ioannablogs.com Aplikasi satu ini sangatlah tenar dan memiliki pengunduh lebih dari satu juta untuk model mobile-nya.  Jika enggan mengunduh di Playstore, sungguh dapat mendatangi lewat situs web https://ipusnas.id/ untuk mengaksesnya. Di sini tersedia ribuan buku yang bisa dipinjam secara gratis.  Bagi yang masih galau menggunakannya dapat mengikuti tindakan berikut ini:

ioannablogs.com

  • Memasang atau mengakses aplikasi Ipusnas model desktop PC/tablet
  • Daftar dengan memakai alamat email aktif serta melengkapi data diri standard yang diminta
  • Verifikasi akun lewat tata cara yang diseleksi (bisa lewat nomor Hp atau alamat e-mail)
  • Jika sudah sukses masuk, maka siap menegaskan buku yang dicari
  • Cari judul buku di kolom penelusuran atau menjelajah lewat fitur filter genre
  • Klik buku yang dipilih, kemudian klik ‘pinjam’
  • Tunggu beberapa di saat dan setujui dari rak mana buku berasal (bisa dari Popular atau rak standard)
  • Setelah selesai, tutup jendela peminjaman dan masuk ke rak pinjam. Di sana sudah ada buku yang dipinjam dan unduh
  • Buku siap dibaca dan perlu dikenang masa pinjam yaitu 3 hari, jika lebih maka otomatis akan kembali sendiri
  • Peminjaman per hari yaitu tiga judul buku dan paling cepat masa pengembalian adala 1x24 jam

ioannablogs.com

ioannablogs.com 2. Smart Library – Gramedia Digital Nusantara

ioannablogs.com Mendengar kata Gramedia, maka pribadi terbayang toko buku super lengkap dengan bervariasi koleksi dan opsi genre yang memanjakan pecinta buku. Demikian juga dengan Smart Library ini, didesain untuk mempermudah pengguna dalam mengakses banyak sekali judul buku lewat internet.

ioannablogs.com Tidak perlu berkunjung secara offline, cukup men-download model e-book dan siap dinikmati. Prosesnya pun mudah, menyerupai layaknya meminjam di perpustakaan online lainnya.

ioannablogs.com 3. iBI Library – Bank Indonesia

ioannablogs.com Tampilan aplikasi dengan dominasi warna merah ini memang persembahan dari Bank Indonesia untuk penduduk umum. Beragam fitur ala perpustakaan online sudah disiapkan di sini. Terlebih lagi, aplikasi perpustakaan berbasis web ini pun sudah memiliki fitur e-reader sehingga sungguh tenteram untuk performa mobile.

ioannablogs.com Koleksinya cukup lengkap dan dapat mengulik bervariasi buku non fiksi seputar perbankan maupun genre lain menyerupai fiksi remaja, fiksi cukup umur dan lainnya.

ioannablogs.com 4. iJogja

ioannablogs.com Sejak usang Jogja dimengerti selaku kota pelajar. Maka tidak heran, jika salah satu perpustakaan online sudah dikembangkan oleh BPAD Jogja untuk memfasilitasi minat baca penduduk umum. Tampilan yang dimiliki sungguh user friendly dan sudah ramah untuk dibaca lewat ponsel. kerennya lagi, sesama pengguna dapat terhubung lewat media biasa loh.

ioannablogs.com 5. iSantri

ioannablogs.com Secara biasa iSantri ini nyaris sama dengan performa serta fitur perpustakaan online lainnya. Namun jangan salah, alasannya sesuai namanya, perpustakaan online ini mayoritas dengan buku-buku keagamaan dari banyak sekali sumber dan isi. Mulai dari wawasan biasa agama sampai kitab-kitab yang biasanya dipakai oleh pesantren-pesantren. Menarik sekali bukan?

ioannablogs.com Demikianlah ulasan singkat perihal lima aplikasi perpustakaan berbasis web yang bisa dipakai secara gratis. Selain itu, tampilannya pun sudah sungguh ramah untuk mobile dan gampang digunakan. Sehingga sungguh menolong dalam mencari rujukan atau sumber bacaan tanpa mesti tiba ke perpustakaan secara langsung.

ioannablogs.com Terlebih lagi di masa pandemik menyerupai sekarang, kehadiran aplikasi perpustakaan secara online tersebut sangatlah bermanfaat. Selamat mencoba.